Ratusan Mahasiswa FKIP Unram Kunjungi Lapas Terbuka Lombok Tengah

    Ratusan Mahasiswa FKIP Unram Kunjungi Lapas Terbuka Lombok Tengah

    Lombok Tengah NTB - Lapas Terbuka Lombok Tengah Kanwil Kemenkumham NTB menerima kunjungan dari Universitas Negeri Mataram (Unram) untuk melakukan kunjungan studi (Study Tour), Selasa (15/11). 

    Sebanyak 192 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berkunjungan ke Lapas Terbuka Lombok Tengah. Rombongan disambut oleh Victor Nixon selaku Kepala Pengamanan Lapas Terbuka Lombok Tengah bersama jajaran.

    Kegiatan kunjungan studi diawali dengan penyampaian materi terkait Lapas Terbuka. Kasubsi Registrasi dan Bimkemas, Muhammad Ridwan menyampaikan bagaiamana kondisi Lapas Terbuka yang tidak dikelilingi tembok tinggi yang sangatlah berbeda dengan Lapas Tertutup/Rutan dimana biasa terlihat tembok tinggi disekelilingnya. Ridwan juga menyampaikan pembinaan kemandirian yang ada pada Lapas Terbuka terutama pada Lapas Terbuka Lombok Tengah.

    Mahasiswa Universitas Mataram Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan begitu antusias dengan keberadaan Lapas Terbuka, terlihat dari jumlah pertanyaan yang disampaiakan saat sesi bertanya pada penyampaian materi terkait Lapas Terbuka.

    Rombongan Mahasiswa Universitas Mataram kemudian melanjutkan kunjungan studi ke Pondok Hunian dan Kolam Sarana Edukasi dan Asimilasi Lapas Terbuka Lombok Tengah untuk melihat langsung kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pembinaan yang dilakukan pada Lapas Terbuka Lombok Tengah, ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat berinteraksi langsung untuk menggali persoalan-persoalan yang dialami oleh WBP.

    “Mereka juga diharapkan bisa memberikan motivasi dan masukan untuk mengatasi kebosanan, kejenuhan serta menyalurkan keluh kesah para Warga Binaan di sini (lapas), ” tutur Dosen Pembibing Mahasiswa Mataram yang melaksanakan Kunjungan Studi.(Adb)

    ntb
    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi

    Artikel Sebelumnya

    Implementasi Tunas Integritas, Rutan Praya...

    Artikel Berikutnya

    Rutan Praya Jadikan Upacara Sebagai Salah...

    Berita terkait